ads

Metodologi Penelitian ; Fungsi dan Kegunaan Metpen

Setiap mahasiswa yang menempuh perkuliahan semester akhir akan dipusingkan oleh tugas akhirnya. Bagi D3 akan menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah (KTI), Strata 1 akan menulis Sekripsi, S2 akana menulis Tesis, dan S3 akan menyelesaikan Disertasinya. dan Mereka semua dalam menyelesaikan tugas akhir akan bersinggungan dengan penelitian. sehingga sangat dibutuhkan pengetahuan yang matang akan Metodologi penelitian, baik model penelitian kualitatif maupun kuantitatif, atau bahkan metodologi Macth, yaitu perpaduan antara metodologi Kualitatif dan Kuantitatif.
Dalam metodologi penelitian, mahasiswa diajak untuk memulai berfikir akan langkah-langkah yang akan diambil dalam menyelesaikan tugas tersebut, dari awal menentukan tema, judul, embuat peta konsep, sampai dengan menyusun laporan penelitian. Semua langkah tersebut membutuhkan pengetahuan khusus yang memang digunakan dalam menggali data penelitian, baik penelitian lapangan maupun studi pustaka (kajian teori).
Banyak mahasiswa yang terperangkap dalam judul karena tidak bisa membentuk teori yang akan digunakan, dan parahnya, banyak juga mahasiswa yang ketika penelitian tidak tahu apa yang harus digali, karena mentahnya persiapan sebelumnya dalam menentukan jabaran variabel penelitiannya.
Jika bisa diibaratkan, metodologi penelitian adalah sebuah ring atau rel yang akan membimbing sang peneliti dalam menyelesaikan seluruh langkah-langkah penelitian. Dengan persiapan metodologi penelitian yang matang, maka penelitian dan hasil penelitian akan dapat dilaksanakan oleh peneliti dengan mudah, dan yang pasti tidak akan keluar dari harapan yang semula telah dirumuskan.
Oleh sebab itu, Mata kuliah metodologi Penelitian tidak bisa dianggap remeh oleh mahasiswa. Kualitas penelitian akan ditentukan dengan seberapa tinggi penguasaan mahasiswa akan metodologi penelitian tersebut. Jika dalam metodologi penelitian mahasiswa tidak dapat mengikuti dengan baik, maka akan sulit mahasiswa tersebut ketika terjun dalam penelitiannya nanti, namun jika mahasiswa telah mampu menguasai Mata Kuliah Metologi Penelitian, maka mereka tinggal melengkapi pengetahuannya sesuai dengan jenis dan bentuk penelitian yang akan diambilnya nanti, serta menambah beberapa cabang ilmu pendukung penelitian tersebut.
Terakhir, Sebelum melakukan penelitian, apapun jenis penelitiannya, maka kuasai dulu ilmu metodologi penelitian, agar seluruh rangkaian penelitian yang dilakukan tidak keluar dari prosedur dan tujuan yang telah dirumuskan,dan yang sangat terpenting adalah, agar hasil penelitian kita tidak balance serta dapat menambah wawasan keilmuan kita.

Salam Literasi
0 Komentar untuk "Metodologi Penelitian ; Fungsi dan Kegunaan Metpen"

Jazakumullahu Khairan Katsiran ya Akhi wa Ukhti Ajma'in . . . . . !!!

Back To Top