ads

Makna Syahadat ; Terjemahan Kitab Sulam Taufiq, Terbaru

بسم الله الرحمن الرحيم
Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.
الحمد لله رب العالمين
Segala puji hanyalah milik Allah yang menjadi tuhan semesta alam.
وأشهد أن لا اله الا الله وحده لا شريك له
Dan aku bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak untuk disembah dengan sebenar-benarnya kecuali hanya Allah yang maha tunggal yang tiada sekutu baginya.
وأشهد أن محمدا عبده ورسوله صلى الله عليه وسلم وعلى آله وصحبه والتابعين
Dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Semoga sholawat dan salam Allah senantiasa tercurahkan atas beliau, seluruh keluarga, sahabat, dan para pengikut mereka.
أما بعد فهذه جزء لطيف . يسره الله تعالى . فيما يجب تعلمه وتعليمه والعمل به للخاص والعام
Selanjutnya, ini adalah sebuah kitab kecil (semoga Allah menjadikannya mudah untuk difaham dan diamalkan) yang menjelaskan tentang hal-hal yang wajib untuk dipelajari dan diajarkan serta diamalkan oleh orang yang berilmu maupun orang awam.
والواجب ما وعد الله فاعله بالثواب وتوعد تاركه بالعقاب
Wajib adalah sesuatu yang telah dijanjikan oleh Allah bagi orang yang mengerjakannya dengan mendapatkan pahala dan telah diancam oleh Allah bagi orang yang meninggalkannya dengan mendapatkan siksa.
وسميته سلم التوفيق إلى محبة الله على التحقيق
Dan aku namai kitab ini dengan nama “Tangga pertolongan untuk menggapai cinta Allah dengan sebenar-benarnya.”
أسأل الله الكريم ان يجعل ذلك منه وله وفيه واليه
Aku memohon kepada Allah yang maha dermawan agar nenjadikan kitab ini semata-mata anugrah dariNya, murni karenaNya, cinta padaNya dan menyampaikan kepadaNya.
وموجبا للقرب والزلفى لديه
Dan sebagai pendekat di sisiNya
وان يوفق من وقف عليه للعمل بمقتضاه
Dan semoga Allah memberikan pertolongan pada orang yang mempelajari kitab ini untuk bisa mengamalkan isinya (mengerjakan yang wajib dan meninggalkan yang haram).
ثم الترقي بالتودد بالنوافل ليحوز حبه وولاه
Kemudian terus meningkat dengan senang mengamalkan kesunahan-kesunahan supaya ia bisa mempeoleh cinta dan pertolongan Allah.
( فصل ) يجب على كافة المكلفين الدخول في دين الإسلام والثبوت فيه على الدوام والتزام ما لزم عليه من الأحكام
Setiap orang yang mukallaf (baligh dan berakal) wajib masuk kedalam agama islam dan menetap selama-lamanya serta menjalankan semua hukum-hukumnya.
فمما يجب علمه واعتقاده مطلقا والنطق به في الحال ان كان كافرا والا ففي الصلاة الشهادتان
Diantara perkara yang wajib untuk diketahui dan diyakininya adalah dua kalimat syahadat yang wajib ia ucapkan disaat itu juga apabila ia kafir dan didalam sholat apabila ia muslim.
وهما أشهد أن لا اله الا الله وأشهد أن محمدا رسول الله صلى الله عليه وسلم
Dua kalimat syahadat itu adalah “aku bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak untuk disembah dengan sebenar-benarnya kecuali hanya Allah dan bahwasanya nabi Muhammad SAW adalah utusanNya.
ومعنى أشهد ان لا اله الا الله ان تعلم وتعتقد وتؤمن وتصدق أن لا معبود بحق في الوجود الا الله
Adapun ma’na أشهد ان لا اله الا الله adalah engkau mengetahui, meyakini, mempercayai dan membenarkan bahwasanya tidak ada tuhan yang berhak untuk disembah dengan sebenar-benarnya didalam wujud kecuali hanya Allah.
الواحد الأحد الأول القديم الحي القيوم الباقي الدائم الخالق الرازق العالم القدير الفعال لما يريد
Yang maha esa, yang maha tunggal, yang maha pertama, yang maha terdahulu, yang maha hidup, yang maha kekal, yang maha abadi, yang maha pencipta, yang maha memberi rizqi, yang maha mengetahui, yang maha kuasa, yang maha memperbuat pada sesuatu yang dikehendaki.
ما شاء الله كان وما لم يشأ لم يكن ولا حول ولا قوة الا بالله العلي العظيم
Apapun yang diinginkanNya wujud, maka akan terwujud. Dan apapun yang tidak diinginkanNya wujud, maka tidak akan terwujud. Dan tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolonganNya yang maha tinggi lagi maha agung.
موصوف بكل كمال منزه عن كل نقص ليس كمثله شيء وهو السميع البصير
Dia bersifat dengan semua sifat kesempurnaan dan disucikan dari semua kekurangan dan tidak ada sesuatu apapun yang menyamaiNya dan Dia maha mendengar lagi maha melihat.
فهو القديم وما سواه حادث وهو الخالق وما سواه مخلوق
Dia adalah terdahulu dan selainNya adalah baharu. Dan Dia adalah yang menciptakan dan selainNya adalah yang diciptakan.
وكلامه قديم كسائر صفاته لأنه سبحانه مباين لجميع الخلوقات في الذات والصفات والأفعال
KalamNya adalah terdahulu sebagaimana sifat-sifatNya karena sesungguhnya Dia (maha suci Dia) berbeda dengan seluruh makhluk didalam dzat, sifat dan perbuatan.
سبحانه وتعالى عما يقول الظالمون علوا كبيرا
Maha suci dan maha tinggi Dia dari apa-apa yang diucapkan oleh orang-orang yang zholim dengan ketinggian yang besar.
ومعنى أشهد أن محمدا رسول الله ان تعلم وتعتقد وتصدق وتؤمن أن سيدنا ونبينا محمد بن عبد الله بن عبد المطلب بن هاشم بن عبد مناف القرشي صلى الله عليه وسلم عبد الله ورسوله إلى جميع الخلق
Dan adapun ma’na أشهد أن محمدا رسول الله adalah engkau mengetahui, meyakini, mempercayai dan membenarkan bahwasanya junjungan dan nabi kita Muhammad SAW bin Abdullah bin Abdul muththolib bin Hasyim bin Abdu manaf yang bersuku quraisy adalah hamba dan utusan Allah kepada seluruh makhluk.
ولد بمكة وبعث بها وهاجر إلى المدينة ودفن فيها
Beliau dilahirkan dan diutus di mekah dan beliau hijrah ke madinah dan dikuburkan disana.
وأنه صلى الله عليه وسلم صادق في جميع ما أخبر به
Beliau SAW adalah benar didalam seluruh kabar yang telah disampaikannya.
فمن ذلك عذاب القبر ونعيمه وسؤال الملكين منكر ونكير والبعث والحشر والقيامة والحساب
Diantara kabar tersebut adalah adanya siksa dan nikmat kubur, pertanyaan malaikat munkar dan nakir, kebangkitan, penggiringan, hari kiamat dan perhitungan.  
والثواب والعذاب والميزان والنار والصراط والحوض والشفاعة والجنة والخلود والرؤية لله تعالى في الجنة
Dan adanya pahala, siksa, timbangan amal, neraka, siroth, telaga, syafa’at, surga, kekal dan melihat Allah Ta’ala didalam surga.
وتؤمن بملائكة الله ورسله وكتبه وبالقدر خيره وشره وأنه صلى الله عليه وسلم خاتم النبيين وسيد ولد آدم أجمعين
Dan engkau beriman dengan para malaikat Allah, para rasulNya, kitab-kitabNya, qodar baik dan buruk, dan bahwasanya Nabi SAW itu adalah penutup para nabi dan penghulu seluruh anak adam.
 ( فصل ) يجب على كل مسلم حفظ إسلامه وصونه عما يفسده ويبطله ويقطعه وهو الردة والعياذ بالله تعالى
Wajib atas setiap orang islam menjaga dan memelihara keislamannya dari pekara yang bisa merusak, membatalkan dan memutuskan keislamannya. perkara itu adalah murtad. Dan kita berlindung kepada Allah Ta’ala darinya.
وقد كثر في هذا الزمان التساهل في الكلام حتى أنه يخرج من بعضهم ألفاظ تخرجهم عن الإسلام ولا يرون ذلك ذنبا فضلا عن كونه كفرا
Pada masa sekarang ini banyak sekali orang-orang yang meremehkan ucapan. Sehingga keluarlah dari sebahagian mereka perkataan-perkataan yang bisa mengeluarkan mereka dari agama islam dan mereka tidak menganggap perkataan itu adalah dosa apalagi kufur.
والردة ثلاثة أقسام اعتقادات وأفعال وأقوال . وكل قسم يتشعب شعبا كثيرة
Murtad itu terbagi menjadi tiga, pertama adalah keyakinan, kedua adalah perbuatan dan ketiga adalah perkataan. Dan setiap masing-masing memiliki cabang yang banyak.
فمن الأول الشك في الله او في رسوله اوالقرآن اواليوم الآخر اوالجنة اوالنار اوالثواب اوالعقاب او نحو ذلك مما هو مجمع عليه
Termasuk dari bagian murtad yang pertama (keyakinan) adalah ragu dengan adanya Allah atau pada rasulNya atau Al-Qur’an atau hari akhir atau surga atau neraka atau pahala atau siksa atau yang lainnya dari perkara yang telah disepakati adanya.
اواعتقد فقد صفة من صفات الله تعالى الواجب له إجماعا كالعلم
Atau ia meyakini tidak adanya salah satu sifat dari sifat-sifat yang wajib bagi Allah dengan kesepakatan ‘ulama seperti sifat ilmu.
او نسب له صفة يجب تنزيهه عنها إجماعا كالجسم
Atau ia menisbatkan pada Allah satu sifat yang mustahil dimiliki Allah seperti raga.
او حلل محرما بالإجماع معلوما من الدين بالضرورة مما لا يخفى عليه كالزنا واللواط والقتل والسرقة والغصب
Atau ia menghalalkan perkara yang telah diharamkan oleh agama dengan kesepakatan ‘ulama yang telah diketahui keharamannya secara umum seperti zina, sodomi, membunuh, mencuri dan menggoshob.
او حرم حلالا كذلك كالبيع والنكاح
Atau ia mengharamkan perkara yang telah dihalalkan oleh agama dengan kesepakatan ‘ulama yang telah diketahui kehalalannya secara umum seperti jual beli dan nikah.
او نفى وجوب مجمع عليه كذلك كالصلوات الخمس او سجدة منها والزكاة والصوم والحج والوضوء
Atau ia menafikan hukum wajib pada perkara yang telah diwajibkan oleh agama dengan kesepakatan ‘ulama yang telah diketahui kewajibannya secara umum seperti sholat lima waktu atau satu sujud darinya dan zakat dan puasa ramadhan dan haji dan wudhu’.
او أوجب ما لم يجب إجماعا كذلك
Atau ia mewajibkan perkara yang tidak wajib dengan kesepakatan ‘ulama yang telah diketahui ketidak wajibannya secara umum (seperti menambah rakaat atau satu sujud didalam sholat).
او نفى مشروعية مجمع عليه كذلك
Atau ia menafikan disyari’atkannya suatu ibadah yang telah disepakati oleh ‘ulama yang telah diketahui kesyari’atannya secara umum (seperti sholat rawatib).
او عزم على الكفر في المستقبل
Atau ia ber’azam untuk kufur dimasa yang akan datang.
او على فعل شيء مما ذكر
Atau ia berniat untuk melakukan kufur sekarang.
او تردد فيه
Atau ia bimbang didalam kufur.
لا وسواسه
Dan tidaklah dianggap kufur kalau hanya sekedar was-was.
او أنكر صحبة سيدنا أبي بكر رضي الله عنه
Atau ia mengingkari status persahabatan yang dimiliki oleh sahabat Abu bakar Ash-Shiddiq ra.
او رسالة واحد من الرسل المجمع على رسالته
Atau ia mengingkari terutusnya salah seorang dari para rasul yang telah disepakati oleh ‘Ulama akan kerasulannya.
او جحد حرفا مجمعا عليه من القرآن
Atau ia mengingkari satu huruf dari Al-Qur’an yang telah disepakati oleh ‘ulama bahwa ia merupakan bagian dari Al-Qur’an.
او زاد حرفا فيه مجمعا على نفيه معتقدا أنه منه
Atau ia menambahi satu huruf dalam Al-Qur’an seraya meyakininya bahwa ia merupakan bagian dari Al-Qur’an. padahal telah disepakati oleh ‘ulama bahwa ia bukanlah termasuk bagian dari Al-Qur’an.
او كذب رسولا او نقصه
Atau ia mendustakan seorang rasul (menganggap rasul seorang pendusta). atau ia menisbatkan kekurangan pada rasul (seperti mengatakan nabi itu pendengki, rakus, mata keranjang dll).
او صغر اسمه بقصد تحقيره
Atau ia mentashghir nama seorang rasul dengan tujuan untuk menghina beliau (seperti menyebut nama Nabi Muhammad SAW dengan kata-kata Muhaimid yang berarti Muhammad kecil).
 او جوز نبوة أحد بعد نبينا محمد صلى الله عليه وسلم
Atau ia meyakini boleh adanya seorang nabi setelah Nabi kita Muhammad SAW.
Back To Top