ads

4 Tips Penting Dalam Menyusun Judul Penelitian

Research Tittle
Ketika Anda mencari studi penelitian tentang topik tertentu, Anda mungkin memperhatikan bahwa artikel dengan judul penelitian deskriptif menarik bagi anda. Sebaliknya, judul makalah penelitian yang tidak deskriptif biasanya dilewatkan, meskipun mungkin merupakan penelitian yang baik. makalah dengan isi yang menarik. Ini menunjukkan pentingnya menghasilkan judul makalah penelitian yang baik ketika Anda sedang menyusun naskah Anda sendiri.
Mengapa Judul Penelitian Penting?
Baca Juga

Sebelum kita melihat karakteristik judul penelitian yang baik, mari kita lihat contoh yang mengilustrasikan mengapa sebuah makalah penelitian yang baik harus memiliki judul yang kuat.

Bayangkan bahwa Anda sedang meneliti meditasi dan keperawatan, dan Anda ingin mengetahui apakah ada penelitian yang menunjukkan bahwa meditasi menjadikan perawat lebih baik sebagai komunikator. Anda melakukan pencarian kata kunci menggunakan kata kunci "keperawatan", "komunikasi", dan "meditasi." Anda datang dengan hasil yang memiliki judul berikut:
  1.    Manfaat Meditasi untuk Profesi Keperawatan: Investigasi Kuantitatif
  2. Mengapa Perawat yang Baik Menjadikan Komunikator Terbaik
  3. Guru meditasi
  4. Perawat di Pindahkan: Sebuah Laporan Kuantitatif tentang Bagaimana Meditasi Dapat Meningkatkan Kinerja Perawat
Keempat judul ini mungkin menggambarkan studi yang sangat mirip — bahkan bisa menjadi judul untuk studi yang sama! Seperti yang Anda lihat, mereka memberi kesan yang sangat berbeda.
Judul 1 menggambarkan topik dan metode penelitian tetapi tidak terlalu menarik.
Judul 2 sebagian mendeskripsikan topik, tetapi tidak memberikan informasi apa pun tentang metode penelitian — itu hanya bisa menjadi bagian teoretis atau opini.
Judul 3 agak catchier tetapi hampir tidak memberikan informasi sama sekali tentang artikel.
Judul 4 dimulai dengan judul utama yang menarik dan diikuti oleh subtitle yang memberikan informasi tentang konten dan metode penelitian.

Seperti yang akan kita lihat, Judul 4 memiliki semua karakteristik dari judul penelitian yang baik.
Karakteristik Judul Penelitian yang Baik

Menurut sarjana retorika, Hairston dan Keene, membuat judul yang bagus melibatkan memastikan bahwa judul penelitian mencapai empat tujuan. Pertama, judul yang bagus memprediksi isi makalah penelitian. Kedua, judul yang bagus seharusnya menarik bagi pembaca. Ketiga, harus mencerminkan nada tulisan. Keempat dan terakhir, harus mengandung kata kunci penting yang akan memudahkan untuk ditemukan saat pencarian kata kunci.

Mari kembali ke contoh di bagian sebelumnya untuk melihat apakah mereka memenuhi keempat kriteria ini.

Judul
Memprediksi konten?
Menarik?
Mencerminkan nada?
Kata kunci penting?

Manfaat Meditasi untuk Profesi Keperawatan: Investigasi Kuantitatif
Iya
Tidak
Tidak
Iya
Mengapa Perawat yang Baik Menjadikan Komunikator Terbaik
Tidak
Iya
Iya
Tidak
Guru meditasi
Tidak
Iya
Tidak
Tidak
Perawat di Pindahkan: Sebuah Laporan Kuantitatif tentang Bagaimana Meditasi Dapat Meningkatkan Kinerja Perawat
Iya
Iya
Iya
Iya


Tips Menulis Judul Paper Penelitian yang Efektif

Saat menulis judul dalam penelitian, Anda dapat menggunakan empat kriteria yang tercantum di atas sebagai panduan. Berikut adalah beberapa kiat lain yang dapat Anda gunakan untuk memastikan judul Anda akan menjadi bagian dari resep untuk makalah penelitian yang efektif:
  1. Pastikan judul penelitian Anda menjelaskan (a) topik, (b) metode, (c) sampel, dan (d) hasil penelitian Anda. Anda dapat menggunakan rumus berikut:
  2. Hindari kata-kata dan jargon yang tidak perlu. Anda menginginkan sebuah judul yang dapat dipahami bahkan oleh orang-orang yang bukan ahli di bidang Anda. Untuk daftar terperinci hal-hal yang harus dihindari saat menulis judul penelitian yang efektif, periksa artikel di sini.
  3. Pastikan judul Anda memiliki panjang antara 5 dan 15 kata.
  4. Jika Anda menulis judul untuk tugas universitas atau untuk jurnal akademis tertentu, verifikasi bahwa judul Anda sesuai dengan standar dan persyaratan untuk outlet itu. Sebagai contoh, banyak jurnal mewajibkan judul jatuh di bawah batas karakter, termasuk spasi. Banyak universitas mengharuskan judul mengambil bentuk yang sangat spesifik, membatasi kreativitas Anda.
0 Komentar untuk "4 Tips Penting Dalam Menyusun Judul Penelitian"

Jazakumullahu Khairan Katsiran ya Akhi wa Ukhti Ajma'in . . . . . !!!

Back To Top