ads

Empat Metode Penelitian Dasar untuk Memulai Bisnis

Riset pasar adalah aspek mendasar untuk memastikan bahwa bisnis baru apa pun yang memulai menyentuh tanah; menghubungkan dengan target pasarnya dan menyediakan alternatif yang bermanfaat bagi pesaing atau bahkan mengisi kesenjangan yang sangat dibutuhkan di pasar.

Namun, jenis data yang Anda butuhkan dan anggaran yang bersedia Anda dedikasikan untuk riset bisnis akan menentukan metode riset mana yang Anda gunakan untuk mendapatkan gambaran akurat tentang lanskap pasar.

Di dalam artikel ini kita membahas empat metode riset bisnis dasar yang dapat dipercepat oleh startup untuk membuat keputusan penting tentang apakah atau tidak untuk mendirikan bisnis tertentu atau untuk memperbaiki ide bisnis. 
Baca Juga
Berapa banyak konsumen di luar sana yang akan membeli produk atau layanan saya? Siapa konsumen potensial saya? Kompetitor apa yang mereka gunakan saat ini? Berapa banyak yang akan mereka bayarkan? Apakah saya memasuki pasar yang sudah jenuh?

Ini adalah semua jenis pertanyaan yang mungkin Anda butuhkan untuk menjawab untuk menentukan tingkat peluang untuk pertumbuhan bisnis.
Survei kuantitatif

Dianggap sebagai salah satu metode penelitian bisnis yang lebih umum, survei memungkinkan Anda untuk mengumpulkan sejumlah besar data dalam waktu yang sangat singkat dan dengan biaya yang relatif rendah. Survei kuantitatif harus selalu digunakan di atas survei kualitatif ketika Anda perlu mengidentifikasi output numerik yang membantu menjawab pertanyaan penelitian Anda.

Misalnya, jika Anda ingin menentukan ukuran pasar potensial Anda, Anda dapat melihat dengan cepat survei 1.000 konsumen atau profesional di bidang Anda. Jika Anda tahu ada 50.000 konsumen atau profesional yang berpotensi tertarik dengan produk atau jasa Anda, Anda dapat melipatgandakan jumlah tanggapan survei positif sebesar 50 untuk mengidentifikasi ukuran pasar Anda.

Sederhananya, ini adalah metode penelitian bisnis yang sangat kuat ketika Anda membutuhkan sosok khusus untuk mendukung analisis Anda.
Grup fokus

Pendekatan yang lebih halus untuk riset bisnis, grup fokus biasanya terdiri dari sekelompok kecil orang yang sesuai dengan profil target pasar Anda. Dalam kelompok fokus ini, Anda dapat memfasilitasi diskusi seputar produk atau layanan Anda, mengambil manfaat penuh dari kedalaman yang diperoleh oleh wawancara.

Wawasan kelompok fokus dapat terbukti tak ternilai; itu memanusiakan proposisi bisnis Anda, untuk memungkinkan Anda memahami bagaimana perasaan orang tentang produk Anda dan mengidentifikasi tren dan peluang potensial melalui diskusi saja.

Jika Anda memiliki ide bisnis dan ingin menjelajahi pasar potensial, Pusat Bisnis & IP dapat membantu. Daftar ke lokakarya ‘Pengantar Pusat Bisnis & Pusat IP’ kami dan pelajari lebih lanjut tentang cara menavigasi kekayaan sumber daya informasi bisnis di ujung jari Anda di Pusat Bisnis & IP.
Wawancara penelitian kualitatif

Wawancara satu-ke-satu serupa dengan kelompok fokus karena mencakup pertanyaan terbuka dan tidak terstruktur yang memberi orang yang diwawancarai kebebasan untuk mengekspresikan diri. Ini adalah peluang besar untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang sudut pandang pengguna mengenai produk, layanan, atau perusahaan.

Wawancara memungkinkan Anda mengajukan pertanyaan lanjutan untuk menggali lebih dalam, tetapi ini juga membawa bahaya tersendiri. Seorang pewawancara yang ceroboh dapat berpotensi mem-bias jawaban yang diwawancarai dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkemuka yang kemudian tidak memberikan cerminan sebenarnya dari pendapat pengguna.
Studi kasus kualitatif

Studi kasus menyediakan pemula dengan pemahaman yang lebih komprehensif tentang bagaimana individu berinteraksi dengan produk atau layanan. Ini memberi Anda gambaran yang lebih lengkap tentang kepuasan, penggunaan, dan sikap mereka terhadap produk, layanan, atau industri tertentu dalam konteks yang sesuai.

Ini adalah cara berwawasan untuk menyempurnakan proposisi bisnis Anda, menggunakan pelanggan target untuk menciptakan sesuatu yang bermakna dan menambah nilai pada produk atau layanan Anda, membuat Anda berbeda dari pesaing.

Misalnya, Anda mungkin memilih untuk memberikan ide produk atau layanan Anda kepada individu atau profesional terkemuka dalam industri Anda dan memungkinkan mereka mengujinya dalam jangka waktu tertentu. Ini adalah jenis wawasan yang dapat tak ternilai dalam menyelesaikan masalah tumbuh-tumbuhan dengan konsep Anda; mungkin juga mengungkap potensi untuk memenuhi kebutuhan yang sangat dicari oleh konsumen dalam industri Anda.
Tetapi metode riset bisnis mana yang paling berhasil?

Sebenarnya, ada pro dan kontra untuk kedua analisis kualitatif dan kuantitatif. Tidak ada keraguan bahwa survei dan penelitian kuantitatif dapat menghasilkan statistik dan sudut pandang numerik dalam waktu singkat, tetapi juga sulit untuk memahami gambaran yang lebih besar dari target pasar Anda.

Misalnya, analisis kuantitatif dapat menunjukkan ukuran dan ruang lingkup target pasar tetapi tidak memberi tahu Anda tentang bagaimana memposisikan merek Anda di pasar untuk memberi Anda peluang pertumbuhan terbaik.
Metode riset bisnis kualitatif seperti grup fokus dan studi kasus individu memberi Anda warna untuk membentuk jaminan pemasaran Anda, menentukan keseluruhan ide dan posisi Anda di pasar yaitu poin harga dan demografi target. Dalam dunia yang ideal Anda akan menggabungkan keduanya untuk mendapatkan tampilan multi-aspek dari industri Anda, memberi Anda peluang terbaik untuk membawa ide bisnis Anda ke arah yang benar. Di Pusat Bisnis & IP Anda dapat menggabungkan penelitian bisnis kuantitatif dan kualitatif untuk mengembangkan ide bisnis baru Anda dengan mudah. Sebagai pembaca di Ruang Baca BIPC, Anda akan memiliki akses ke laporan riset pasar kami yang komprehensif yang dilakukan oleh penerbit kami; dihargai lebih dari £ 5 juta di pasar saat ini. Mulai dari e-commerce dan pemasaran online hingga teknologi medis, bahan kimia, plastik, dan makanan serta minuman, laporan riset dan strategi pasar global kami yang mendalam dapat memberi Anda gambaran paling jelas tentang pasar Anda. Bagi mereka yang mencari lebih dekat ke rumah, Anda juga dapat memanfaatkan data lokasi ritel nasional dan wawasan untuk 2.700 area di Inggris, termasuk 450 jenis bisnis yang berbeda dan ribuan perusahaan yang didirikan. Jadi cukup sederhananya, Pusat Bisnis & IP harus menjadi port pertama panggilan Anda untuk penelitian meja, dengan kemampuan untuk memperoleh gambaran menyeluruh tentang target pasar Anda semua di bawah satu atap. Apakah Anda sedang mengeksplorasi ide bisnis dan ingin tahu apakah ada pasar untuk itu? Pusat Bisnis & IP dapat membantu. Daftar ke ‘Pengantar untuk menggunakan Pusat Bisnis & Pusat IP’ kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara menggunakan koleksi sumber informasi bisnis dan kekayaan intelektual untuk mendapatkan bisnis awal Anda menuju arah yang benar.
0 Komentar untuk "Empat Metode Penelitian Dasar untuk Memulai Bisnis"

Jazakumullahu Khairan Katsiran ya Akhi wa Ukhti Ajma'in . . . . . !!!

Back To Top